Sabtu, 10 November 2012

SiRaSe Membuat Semuanya Menjadi Mungkin


Membuat  Semuanya Menjadi Mungkin
Ketika saya berfikir untuk memilih tema artikel bulan ini mana yang harus saya pilih, karena ada empat tema yang diberikan oleh sang Pendamping.
1.      Spirit (Energy) Management
2.      Victory is Close
3.      Visioner Leader
4.      Mind Management
Menurut saya tema diatas sangatlah saling berkaitan, kalau digabungkan menjadi “manage our energy and our mind be visioner leader because victory is close”
Mengatur energi (semangat), dan pikiran kita untuk menjadi pemimpin yang mempunyai visi besar agar semakin dekat dengan kemenangan ”.
Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini kecuali ketidakmungkinan itu sendiri.
Yah sekalipun itu mustahil untuk terjadi, tapi ketika kita yakin bahwa itu terjadi maka hal itu akan terjadi. Kuncinya adalah kita yakin bahwa spirit yang kita bangun akan mendapatkan tujuan yang kita inginkan. Tentunya itu tidak lepas dari pemikiran kita. Seberapa besar kita berfikir maka sebesar itu pula kita akan mendapatkan apa yang kita fikirkan, tapi yang perlu diketahui pemikiran harus di imbangi dengan tindakan. Karena yang terpenting adalah action dan bukan hanya sekedar konsep. Karena konsep/thinking (pemikiran) hanyalah 30% dari apa yang akan kita lakukan dan yang 70% nya adalah action (Tindakan). Betapa pentingnya spirit atau motivasi untuk mendukung tercapainya pemikiran atau konsep yang telah direncanakan. Tanpa spirit yang mendorong tercapainya keingingan maka apa yang tertulis di konsep akan sia-sia atau bahkan tidak akan berguna.
Lalu bagaimanakah untuk Mengatur energi berupa motivasi atau semangat agar tetap konstan bahkan meningkat? Tentu dengan adanya dorongan pikiran atau motif kemudian disertai energi yang cukup seorang pemimpin pun akan mampu untuk bermimpi dan menentukan visi atau arah keberhasilan dalam kepemimpinannya tersebut.
            Baik. Satu kata “motivasi atau spirit”, sebuah dorongan yang berasal dari luar dan dalam diri kita. Sebuah semangat yang terkadang berasa naik dan kadang pula turun atau down. Layaknya sebuah ketapel mainan anak-anak apabila tidak ada dorongan pegas dari karet ketapel tersebut maka ketapel tersebut pun tak akan terpental kemana atau stand by di tempat. Berbeda jika ketapel tersebut karet yang ditarik dengan sedemikian rupa kemudian didorong sekuat tenaga maka energi pada karet tersebut akan berubah menjadi energi pegas mendorong ketapel tersebut terpental jauh sesuai arah yang telah ditentukan.
Untuk itu begitu pun dengan manusia ketika mempunyai dorongan energi dan motivasi dalam dirinya yang mampu mendorong yang empunya tubuh untuk melakukan aktivitas yang ia ingin lakukan. Lalu apa  saja sich yang menimbulkan adanya spirit itu muncul dalam diri?? Salah satu hal yang mempunyai pengaruh besar dalam diri adalah kekuatan spiritual. Kekuatan spiritual timbul akibat adanya 3 K (keinginan, kemampuan dan ketawakalan). Tentu semua saling berkaitan antara satu sama lain. Keinginan berhubungan dengan mimpi dan cita-cita. Sedang kemampuan yaitu kapasitas diri atau keterampilan yang dimiliki sedang ketawakalan bewujud do’a dalam artian berserah diri pada Allah.
Seoorang yang mempunyai kekuatan spirit yang cukup akan memotivasi dirinya untuk menjadi yang terbaik. Dorongan eksternal seseorang pemimpin menantang dirinya untuk berperangan dijalan Allah, bagaimana ia sadar akan hak dan kewajibanya sebagai manusia. Tantangan pemimpin mendesai dirinya sebagai pemimpin visioner dengan landasan ilmu spiritual yang tinggi emang tidak terbayang dalam benak semua orang. Namun tanpa landasan akhlak yang benar maka visi yang dijunjung pun akan sia-sia.
Begitu kesadaran dan motivasi muncul, semangat juang spontan terbakar siap menghadapi segala kesulitan dan tantangan apapun yang menghadang! Tidak mundur karena kegagalan sesaat, pantang putus asa sebelum berhasil. Jika manusia telah menemukan arti motivasi dan tau apa yang menjadi kekuatannya, maka hasil sukses luar biasa selalu dapat tercipta! Mari temukan kelebihan diri! Satukan dengan motivasi niscaya apa yang tidak mungkin menjadi mungkin! 

Tidak ada komentar: