Sabtu, 10 November 2012

Publick Spekers


Public Spekers
Bicara merupakan bentuk komunikasi manusia yang paling mendasar, yang membedakan kita sebagai suatu spesies. menurut taksiran,  manusia rata-rata mengucapkan delapan belas ribu kata sehari, dan kita sama sekali tidak menyadari hal itu. Dalam sebuah forum tentunya ada pembicara dan pendengar. Lalu bagaimana menjadi pembicara yang bisa merebut perhatian dari pendengar (audiens)??.
Setiap orang memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Ada yang memiliki kemampuan di bidang keuangan, ada pula yang memiliki kemampuan dibidang seni. Namun, tidak sedikit pula orang yang memiliki kemampuan justru saat ia berbicara. Sebut saja Aa Gym ataupun Tukul Arwana. Dengan kemampuan berbicara yang mereka miliki, orang-orang bisa dibuat tertawa terpingkal-pingkal , meneteskan air mata, atau bahkan berpikir tentang segala sesuatu yang telah terjadi. Mereka mampu menanamkan sebuah kesan yang mendalam bagi setiap lawan bicaranya. Jadi yang harus ada pada seorang pembicara yatu diantaranya yaitu Teknik berbicara menjadi fokus utama, Orientasi ke dirinya, Sukses bila mampu, menyampaikan kata-katanya, ingin dimengerti dan disukai, didorong dengan apa yang dimiliki dan yang penting adalah isi pembicaraan. Ketika topik pembicaraan tidak menarik maka audiens akan bosan untuk mendengarkannya, jadi sebelum berbicara di sepan umum alangkah lebih baiknya pembicara mengusai apa yang akan disampaikan. Agar saat berbicara di depan umum pembicara sudah cara menyampaikannya lebih rileks dan gampang dipahami.
Untuk menjadi seorang pembicara, selain modal suara yang enak didengar, harus juga memiliki kepribadian & intelektual. Artinya pembicara harus memiliki pengetahuan luas, kaya akan perbendaharaan kata (meminjam istilah yang trend dikalangan orang u,um disebut). Seorang pembicara baik pembawa acara, public speskers atau event entertainer acarapun seorang seniman kata-kata, memiliki kemampuan bahasa yang memadai, kepribadian yang excellent, artinya dia harus luwes, percaya diri, berjiwa besar, memiliki sense of humor, disiplin, memiliki sikap yang benar, memahami etika, berpenampilan bersih, wajar, sopan dan menarik.  Seorang pembicara akan menjadi pusat perhatian seperti layaknya artis yang tampil di panggung. Untuk itu tampil menarik & enak dilihat adalah suatu keharusan.
Persiapan yang bisa dilakukan saat menjadi pembawa acara adalah :
1. Rileks…pastikan kondisi tubuh & suara fit, segar dan normal Atasi rasa gugup dengan menarik nafas panjang dan dalam, menggerakkan badan sedikit untuk sekedar melemaskan otot yang kaku, berdiri tegap lalu tersenyumlah.
2. Know the room (kenalilah ruangan tempat anda akan menjadi pembicara/ entertainer)
3. Know the audience  
cooperate event (kenali karakteristik tamu dan pandang mereka sebagai sahabat).
4. Know the material dari cooperate event (kuasai bahan/ acara yang akan dibawakan)
5. Baca literature yang diperlukan untuk menunjang pengetahuan anda, karena semakin banyak yang anda ketahui tentang a
pa yang anda bawakan, pasti semakin percaya diri
6. Susun pointer untuk membantu mengingat apa yang akan
disampaikan.
7. Jangan terlalu sering mengucapkan kata (meminta) maaf pada audience.
8. Jangan tinggalkan daftar acara atau rundown acara (meskipun sudah ada stage manager)
9. Pakaialah pakaian yang serasi/cocok dengan acara, jangan sampai saltum atau salah kostum. (buatlah sedikit saja berbeda dengan tambahan assesories atau pernak-pernik jika harus memakai seragam yang sama dengan tamu atau panitia. Ingat pembawa acara adalah pusat perhatian)
.
10. Lakukan gerakan tangan seperlunya saat sudah berada di atas pentas. Jangan sampai berlebihan apalagi untuk menutupi kegugupan. Karena gerakan tubuh yang berlebihan hanya akan mengacaukan penampilan anda.
12. Jaga mulut & tenggorokan selalu basah, untuk itu siapkan air putih yang siap diminum jika dibutuhkan.
13. Jangan makan & minum yang akan mengganggu organ tubuh anda, minimal satu jam sebelum tampil misalnya soda, makanan berlemak (yang bisa membuat mual), makanan pedas atau asam.
14. Tampillah percaya diri dan beyourself saat anda menjadi entertainer sejati.


Maka siapkah Etoser menjadi pembicara (Public Speakers di depan jutaan orang?
Siapkan DiriMU...

Yakin Bisa, Pasti Bisa!!!!!!!

Tidak ada komentar: