Sabtu, 10 November 2012

sambut Ramadhannn


Sambut Ramadhan
Ramadhan tinggal menghitung hari, sudah siapkah kita untuk menyambutnya????
Ramadhan merupakan bulan yang suci, bulan yang dinanti-nantikan oleh seluruh umat muslim sedunia, karena di bulan Ramadhanlah rukhiyah kita akan lebih terjaga. Kedatangan Ramadhan tahun ini tentu kita sambut dengan penuh kegembiraan karena insya Allah, kesempatan menikmati ibadah Ramadhan kembali kita peroleh. 
Tidak terasa kita sudah berada di bulan Sya’ban. Kita akan kedatangan bulan yang dinanti-nanti segenap umat islam sedunia, yaitu bulan suci Ramadhan.
Ramadhan adalah bulan yang paling agung. Didalamnya segala keberkahan Allah berikan kepada hamba kesayangan-Nya. Pada bulan ini, kita diperintahkan menunaikan salah satu rukun Islam keempat, yaitu shaum. Pada bulan ini, Al-Quran diturunkan untuk pertama kalinya kepada Rasulullah SAW, tepatnya pada 17 Ramadhan. Pada bulan penuh ampunan ini, pintu surga dibuka lebar-lebar dan pintu neraka ditutup malaikat rapat-rapat. Sedangkan, setan dibelenggu.
Tidak ada cara lain bagi kita sebagai pengikut setia Muhammmad SAW, selain bergembira menyambut kedatangannya. Bergembira menyambut Ramadhan adalah representasi keimanan kepada Allah SWT. Bergembira menyambut Ramadhan merupakan modal awal sebelum mengisinya dengan aktivitas sesuai petunjuk Rasulullah SAW.
Rasulullah SAW bersabda,
Telah datang kepadamu bulan Ramadhan, penghulu segala bulan. Maka sambutlah kedatangannya. Telah datang bulan shiyam membawa segala keberkahan, maka alangkah mulianya tamu yang datang itu.” (HR Ath-Thabrani)
Lalu ak apa yang harus disiapkan untuk menyambut ramadhan??
 
Pertama, Memperbanyak doa, jika telah memasuki bulan Rajab,
 
maka Rasulullah saw berdoa,
 
"Ya Allah berkahilah kami dalam bulan Rajab dan Sya’ban dan sampaikanlah kami pada bulan Ramadhan."
"Ya Allah bulan Ramadhan telah menaungi kami dan telah hadir, serahkanlah ia pada kami dan serahkanlah kami padanya, karunikanlah kami kesanggupan untuk berpuasa, dan menegakkan malam-malamnya. Dan karuniakanlah kami
kesungguhan kekuatan dan semangat serta jauhkanlah kami dari fitnah didalamnya." "Ya Allah sampaikanlah kami pada Ramadhan dengan aman, keimanan, keselamatan, Islam, kesehatan dan terhindar dari penyakit serta bantulah kami untuk melaksanakan shalat, puasa dan tilawah al-Quran padanya."
 
Maka dari itu kita sebagai umat beliau kita seharusnya meneladani apa yang beliau lakukan, kita harus memperbanyak Doa kepada Allah, agar bulan Ramadhan yang akan datang menjadi bulan keberkahan bagi kita. Dan Dosa-dasa kita dianmpuni oleh Allah SWt. Amin
 
Yang kedua, Memperbanyak aktivitas puasa di bulan Sya’ban,
seperti yang dilakukan oleh Rasulullah saw dalam hadis Bukhari-Muslim, Aisyah r.a. berkata :
 Tidaklah aku lihat Rasul menyempurnakan puasanya sebulan penuh kecuali pada Ramadhan dan tidak juga aku lihat beliau memperbanyak puasa sunnatnya kecuali di bulan Sya’ban.
 
Jadi Rosululloh pun puasa sebulan penuh hanya di bulan Ramadhan dan memperbanyak puasa sunnahnya di bulan Sya’ban.
 
Ketiga, Memperbanyak aktivitas tilawah Quran, 
Sebagaimana yang diungkapkan Anas bin Malik bahwa para sahabat jika memasuki bulan Sya’ban, mereka segera mengambil mushaf dan membacanya.
Maka saat bulan Sya,ban dan Ramadhan kita harus memperbanyak tilawah kita, agar pahala berlimpah.
 
Yang keempat, Segera mengqodho puasa. 
Aisyah ra. berkata : Dulu aku pernah punya hutang puasa Ramadhan, dan aku tidak dapat membayar qodhonya kecuali pada bulan Sya’ban.
Sebaiknya jikalau kita punya hutang Puasa di Ramadhan tahun lalu kita mengkodho puasa (membayar hutang puasa) sebelum datang Ramadhan berikutnya.
 
Kelima, Saling maaf memaafkan sesama muslim, 
sehingga dalam memasuki Ramadhan dosa kita dengan sesama sudah terhapuskan sehingga pada bulan Ramadhan hanya menyelesaikan dosa kepada Allah swt saja, dan pada saat hari raya Idul Fitri tiba , kita benar-benar berada dalam keadaan fitrah.
 
Keenam, Mengkaji fiqih yang berkaitan dengan ibadah Ramadhan, sehingga pelaksanaannya berjalan dengan baik berdasarkan pemahaman yang benar.
 
 
Sesungguhnya telah datang kepadamu bulan Ramadhan, bulan yang diberkahi, Allah memerintahkan berpuasa di dalamnya. Pada bulan itu, dibukakan semua pintu surga, dikunci semua pintu neraka dan dibelenggu setan-setan. Di dalamnya ada suatu malam yang lebih baik dari seribu bulan.” (HR Ahmad, An-Nasai, Al-Baihaqi)

Tidak ada komentar: