Sabtu, 10 November 2012

Managemen waktu SiRaSe


MENEJEMEN WAKTU

Selamat berjumpa kembali teman-temanku, akhirnya kita dipertemukan kembali dalam suasana hati yang suci. Tak  terasa liburan idul fitri yang begitu panjang dan terasa begitu singkat telah usai, mengapa terasa begitu singkat? karena kita menjalaninya dengan suka cita. Hal yang dijalani dengan suka cita pasti akan terasa begitu singkat . Dan sudah saatnya kita menjalaninya aktivitas seperti biasanya, yaitu kuliah dan rutinitas lainnya. Lalu bagaimanaa dengan mahasiswa baru??? Yang  sebagian besar belum  paham betul bagaimana dunia perkuliahan yang merupakaan hal baru , pastinya tidak akan sama dengan sekolah menengah atas yang sebelumnya telah menyandang status tersebut. Dunia baru, kehidupan baru teman baru, serta cara berfikir baru dan tentunya pasti akan menjadi pribadi pada proses  yang mengarah  pada proses pendewasaan diri.
Memang tidak mudah untuk beradaptasi dengan hal-hal baru tersebut , butuh waktu cukup lama untuk mencapai hal tersebut. Banyak sekali hal yang belum kita mengerti dan belum kita pahami. Mulai dari cara belajar baru , organisasi-orgnisasi yang terasa asing ditelinga, teman-teman dari berbagai daerah yang bahasa dan pemahamannya berbeda dengan kita masing-masing dan berbagai hal lainnya. Tentu saja hal itu tidak menutup kemungkinan untuk timbul rasa kebingungan dan merasakan keanehan.
Cara hidup baru yang tadinya di SMA serumah dengan orang tua sekarang harus menjalaninya tanpa orang tua. Hal-hal yang belum pernah kita lakukan sendiri. Tentu saja hal itu akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk beradaptasi dengan semaksimal mungkin. Semasa SMA waktu belajar yang tidak tertata harus mulai di ubah mulai saat ini. Kita harus berfikir bagaimana kita agar kita dapat melakukan semua hal dengan teratur dan tepat waktu. Yap… benar sekali , kita harus mempunyai aturan waktu yang biasanya dikatakan sebagai manajemen waktu agar menjadi lebih baik dari sebelumnya bahkan  menjadi yang terbaik. Setiap orang mempunyai cara masing-masing untuk mengatur waktu mereka yang mereka inginkan. Ada pepatah mengatakan bahwa waktu kita lebih banyak dari pada kegiatan kita, maka dari itu kita harus pandai-pandai mengatur waktu kita sebaik  mungkin dan seefisien mungkin. Tetapi hal itu tidak menutup kemungkinan kita untuk menciptakan sebuah yang luar biasa, Enstein saja yang mempunyai waktu yang sama dengan kita dapat menciptakan sebuah keajaiban yang dapat dirasakan oleh semua orang, maka dari itu kita yang sebagai mahasiswa harus bisa lebih dari itu, belajar seefektif mungkin ,jangan sia-siakan waktu kita untuk hal hal yang kurang bermanfaat. Tugas kita sebagai mahasiswa adalah belajar ,yang terpenting adalah bagaimana kwalitas belajar kita bukan kwantitas belajar kita, selebihnya kita bisa melakukan hal hal yang berguna untuk kita .Misalnya mengikuti organisasi organisasi dikampus, Dengan mengikuti organisasi pengalaman dan pengetahuan kita akan bertambah dan tentu saja teman kita akan bertambah pula. Tidak hanya itu kita juga bisa mengikuti kegiatan kegiatan positif misalnya mengikuti kegiatan spiritual, pambuatan karya ilmiah dan lain sebagainya. Tetapi jangan sampai kita menomor duakan belajar karena lebih mementingkan kegiatan keorganisasian. jadi kita harus mempunyai prinsip yaitu memprioritaskaan bidang akademik.Dengan melibatkan manajemen waktu maka cara belajar kita akan lebih efektif dan efisien. Yaitu mengatur sesuatu dengan menenapkan tujuan / sasaran, serta menderminasi tugas-tugas dan kewajiban secara evektif dan efisien. Menejemen waktu tidak hanya berpengaruh baik terhadap bidang akademik kita sajaaa tetapi manfaatnya lebih dari itu, misalnya dalam hal kesehatan kita yaitu ketepatan waktu makan secara teratur, olah raga dengan baik dan sebagainya. Selain mempunyai menejemen waktu kita juga memerlukan motivasi dan dorongan agar kita selalu ikhlas dalam melakukan semua aktivitas sehari hari. Sebuah motivasi akan membuat semangat baru dalam diri kita untuk mencapai hal tersebut, Terutama motivasi dari orang tua, keluarga dan teman-teman disekitar kita. Suatu kebanggaan tersendiri tentunya jika mencapai suatu dengan hasil yang lebih maksimal.
Tetapi tentunya kita tidak bisa melakukan semua hal secara sendiri,kita juga perlu melibatkan orang lain agar hasilnya lebih memuaskan, ada ilmuan mengatakan bahwa “ The manager’s job can be broadly defined as deciding other pople to do it” yang artinya yaitu memutuskan apa yang harus dikerjakan dan mengambil sesuatu dengan melibatkan orang lain. Terbukti bahwa kita tidah bias melakukan beberapa hal secara sendiri terlebih bila kita orang baru.
Marilah kita sebagai penerus bangsa untuk belajar menuju kemajuan, Banyak sekali hal yang perlu kita pelajari untuk menuju kemajuan sesuai perkembangan zaman. Keadaan yang sekarang perlu sebuah perubahan yang baik, dan kitalah generasi muda yang akan merubah dunia menjadi istemewa dan lebih gemerlap. Keberhasilan seseorang bukan di ukur dari berapa lama kita menghabiskan waktu untuk belajar tetapi seberapa mampu kita untuk mengelelola waktu kita ,yang tidak dihabiskan hanya dengan belajar. Harus ada tindakan untuk mencapai hal tersebut.
Serangkaian hal tersebut bisa dilkatakan sebagai gambaran kecil konsep hidup kita. Dengan hidup kita terkonsep maka kita dapat mempunyai gambaran tentang hidup kita kedepannya. Kita akan tahu jadi apakah kita beberapa tahun mendatang.

Tidak ada komentar: