Minggu, 14 April 2013

sapi,kuda, babi


.Bangsa Dan Tipe Ternak Sapi.
a.       Asal usul ternak sapi, bangsa dan tipe ternak sapi yang sekarang ada berasal dari:
¨       Bos Sondaicus (Banteng), Merupakan sapi asli Indonesia yang sampai sekarang masih ada di ujung kulon (Pulau Jawa).
Merupakan hewan yang sekerabat dengan sapi. Banteng ditemukan di Mynmar, thailan, Kamboja, Laos, Vietnam dan di Indonesia terdapat di Jawa dan Kalimantan.
Banteng atau tembadau (dari bahasa Jawa, banṭèng), Bos javanicus, adalah hewan yang sekerabat dengan sapi dan ditemukan di Myanmar, Thailand, Kamboja, Laos, Vietnam, Kalimantan, Jawa, and Bali. Banteng dibawa ke Australia Utara pada masa kolonisasi Britania Raya pada 1849 dan sampai sekarang masih lestari.
Terdapat tiga anak jenis banteng liar: B. javanicus javanicus (di Jawa, Madura, dan Bali), B. javanicus lowi (di Kalimantan, jantannya berwarna coklat bukan hitam), dan B. javanicus birmanicus (di Indocina). Anak jenis yang terakhir digolongkan sebagai Terancam oleh IUCN.
Banteng dapat mencapai tinggi sekitar 1,6m di bagian pundaknya dan panjang badan 2,3 m. Berat banteng jantan biasanya sekitar 680 - 810 kg — jantan yang sangat besar bisa mencapai berat satu ton — sedangkan betinanya lebih ringan. Banteng memiliki bagian putih pada kaki bagian bawah dan pantat,punuk putih, serta warna putih disekitar mata dan moncongnya, walaupun terdapat sedikit dimorfisme seksual pada ciri-ciri tersebut. Banteng jantan memiliki kulit berwarna biru-hitam atau atau coklat gelap, tanduk panjang melengkung ke atas, dan punuk di bagian pundak. Sementara, betinanya memiliki kulit coklat kemerahan, tanduk pendek yang mengarah ke dalam dan tidak berpunuk.
Banteng hidup dari rumput, bambu, buah-buahan, dedaunan, dan ranting muda. Banteng umumnya aktif baik malam maupun siang hari, tapi pada daerah pemukiman manusia, mereka beradaptasi sebagai hewan nokturnal. Banteng memiliki kecenderungan untuk berkelompok pada kawanan berjumlah dua sampai tiga puluh ekor. Di Jawa, Taman Nasional Ujung Kulon, Taman Nasional Meru Betiri, Taman Nasional Bali Barat, Taman Nasional Alas Purwo dan Taman Nasional Baluran menjadi pertahanan terakhir hewan asli Asia Tenggara ini.
¨   2.    Bos Indicus/Zebu (sapi-sapi India), Merupakan sapi yang berasal dari India Dan Menyebar  ke daerah- daerah tropis
SAPI ZEBU INDIA Ciri-ciri umum ” Memiliki punuk Berukuran sedang sampai besar. Bos indicus atau Sapi Zebu sampai sekarang mengalami perkembangan di India. Jenis sapi yang terkenal di Indonesia adalah sapi Brahman dan sapi Ongole. Bos indicusmerupakan sapi berpunuk, sapi-sapi dari Bos indicus menurunkan bangsa-bangsa sapi di daerah tropis, Ciri khas dari bangsa Zebu adalah terdapt gumba (punuk) di daerah punggung atau , diatas pangkal leher, memiliki telinga lebar, kulit kendor, serta embun pada moncong tampak jelas. Secara fisiologis sapi Zebu jelas berbeda dengan bangsa sapi lain. Terutama kemampuannya dalam melawan panas dari iklim tropis yang jauh lebih baik dari pada bangsa pada bangsa bos taurus. Bangsa Zebu juga lebih mudah terangsang secara emosi di bandingkan bangsa lain, serta juga terlihat lebih  cerdas.


¨       3. Bos Taurus (Sapi sapi Eropa), Merupakan sapi yang menurunkan sapi yang terkenal dewasa ini. Bos taurus atau sapi Eropa sampai sekarang mengalami perkembangan di Eropa. Bos taurus merupakan bangsa sapi yang menjadi nenek moyang dari sapi potong maupun sapi perah. Bangsa-bangsa sapi dari Eropa daratan  pada umumnya lebih muscling (berotot) dari pada bangsa sapi dari inggris, serta memilkiki kemampuan produksi daging yang diatas rata-rata bangsa sapi dari daerah lain. Sedangkan beberapa sapi yang berasal dari  Inggris mempunyai ciri-ciri yaitu pertambahan bobot bdannya lebih cepat, perototan lebih sedikit, fertilitas tinggi  dan masa hidup dan masa reproduksinya lebih lama.

 Bangsa dan Tipe ternak Kuda
PETERNAKAN KUDA
KUDA (Equus species)
Secara systematic dapat disusun sbb.
Kingdom                : Animal
Phylum                  : Chordata
Class                     : Mamalia
Ordo                      : Perissodoctyla
Family                   : Equidae
Genus                   : Equus
Species                 : Equus hipotigris (Zebra)
Equus asinus (Keledai)
Equus hemionus (setengah Keledai)
Equus caballus (Kuda)
Kuda yang sekarang ada berasal dari :
¨       Equus Caballus Germanicus
¨       Equus Caballus Gmilini
¨       Equus Caballus Orientalis
¨       Equus Caballus Ferus
Kuda adalah perkataan Sanskrit, oleh karenanya diperkirakan orang-orang Hindu yang pada permulaan perhitungan tahun Masehi datang ke Indonesia dengan membawa kuda dari India. Dalam abad-abad pertama tahun Masehi orang-orang Tionghoa berulang-ulang membawa kuda ke Indonesia, demikian juga orang-orang Islam dari India datang ke Indonesia sesudah orang Hindu. Oleh karenanya perlu diperhitungkan bahwa kuda-kuda Indonesia bukan hanya berasal dari Kuda Timur Asli melainkan juga mengandung kuda Cina dan Mongol yang tergolong Tarpan (Equus gmelini).
Pemeliharaan kuda semula digunakan untuk tujuan tunggang bagi lascar atau kavillah sesudah penggunaan unta. Namun kuda sebagai ternak yang dipotong. Oleh karenanya pada Bahasan ini kuda dimasukkan ke dalam Ternak Potong Besar.
Pada beberapa tempat seperti Banyuwangi dan Malang, kuda dipotong untuk konsumsi daging
Bangsa kuda yang termasuk tipe pacu adalah :
¨       Kuda Arab
¨       Kuda Thoroughbred
Dengan Ciri Ciri :
¨       Badan langsing, dalam dan lebar
¨       Kaki panjang
¨       Otot panjang, tersusun Baik
Bangsa kuda yang termasuktipe tarik adalah :
¨                     -.  Kuda sande                                        -. Kuda Poni
¨                     -.  Kuda percheron                                 -. Kuda belgia
¨                     -.  Kuda Clydesdale                               -. Kuda Batak                                               
¨                    -. Kuda wales

.       Bangsa dan tipe ternak Babi
Bangsa babi yang sekarang berasal dari 3 jenis babi liar yaitu :
1.       Sus Vittatus (dari Asia)
2.       Sus Scrofa (dari Eropa)
3.       Sus Verrrucoccus (Celeng/babi Indonesia)

Ternak babi dibagi menjadi 3 tipeyaitu :
1.       Lard Tipe (babi tipe lemak), ciri-cirinya :
¨       Tubuh berlebihan, lebar dan dalam
¨       Cepat menjadi gemuk
¨       Kemampuan untuk pertumbuhan lemak cukup tinggih
¨       Ukuran kaki pendek
Contoh :
Babi Indonesia misalnya Babi Bali, Babi Kerawang, Babi Nias dan Babi Sumba.

2.       Meat Tipe/Pork Tipe (Babi tipe pedaging), Cirinya :
¨       Ukuran tubuh panjang, dalam dan halus
¨       Punggung berbentuk busur, kuat dan lebar
¨       Badan padat, lemak sedikit
¨       Kepala dan leher ringan dan halus
¨       Ukuran kaki panjangnya sedang, tumit pendek dan kuat
¨       Ham berkembang cukup bagus dan dalam
Contoh :
¨       Babi Hampshise                                          -. Babi Berkshire
¨       Babi Pholand China                                     -. Babi chister White
¨       Babi Spatted Pholand China                        -. Babi duroc

3.       Bacom tipe (babi tipe sedang), cirinya :
¨       Ukuran tubuh panjang dan dalamnya sedang, halus
¨       Ukuran lebar tubuh sedang
¨       Timbulnya lemak sedang dan halus
Contoh : Babi Yorkshire, babi Tamwort, babi Landrace

Tidak ada komentar: